Monday, November 20, 2017

Cara Membudidayakan Udang Vaneme Secara Tradisional Memakai Pupuk Organik Yatop Di

Cara Budidaya Udang Vanamei Dengan Cara Semi Intensif Memakai Pupuk Organik Yatop

image_20170915_072557_5.jpg

1. Cara merawat udang vaname tidak terkena penyakit Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?


Sehat itu nomor satu, pertama yang wajib di sterilkan adalah Air terlebih dahulu. Tebarkan Pupuk sebanyak 3 Liter/hektar ke dalam tambak dengan cara dikombinasikan air, lakukan penaburan serata mungkin. Tujuannya agar air tidak tercampur bakteri, seimbang, hewan kecil seperti plangkton dan phyto plankton tumbuh secara cepat serta kondisi tanah didalam tambak cepat sekali berlumpur seperti tepung, sehingga udang tidak cepat naik ke atas dan senang saat di dasar lumpur, dengan begitu maka udang akan berkembang dengan besar.


Lakukan ditiap 1 pekan sekali di tabur yatop sebanyak 1 liter/hektar bertujuan untuk menjaga ekosistem di area tambak, menjaga kesehatan udang lebih aktif, lincah dan jatah makannya bertambah 3 kali lipat. Penaburan pupuk yatop 1 liter/hektar ditiap 1 pekan sekali adalah hal yang wajib, dikarenakan untuk mengatisipasi situasi kondisi alam ekstrem yang bisa berubah setiap saat. Kebutuhan yatop untuk 1 hektar berkisar 15 liter sampai bisa panen. ( 3 bulan ).


2. Bagaimana udang yang susah moulting ( ganti kulit ) sehingga pertumbuhannya tidak cepat ?


Udang tumbuh besar ditandai dengan terlihatnya moulting. Udang sehat moultingnya cepat tetapi jika udang sulit moulting pasti ada sesuatu yang kurang di area tambak. Masalahnya ini harus ditemukan. Namun untuk menemukan faktor penyebabnya itu yang sulit bahkan petani enggan untuk mengeceknya. Rata-rata pembudidaya kita pengen instan. Faktor udang tidak moulting karena kulit udang mengeras. Solusinya adalah Taburkan pupuk yatop 5 liter/hektar semakin banyak yatop di tabur ke area tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sipat pupuk yatop itu sedikit perih jika terkena luka, perihnya tersebut dalam waktu sekian detik atau menit, jika terkena kulit udang maka udang akan lebih cepat ganti kulit. Biasanya udang akan ganti kulit dalam waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih bisa diselamatkan ?



Udang bisa stress dikarenakan banyak penyebab, diantaranya adalah kondisi di area tambak tidak seimbang, kurangnya protein di dasar, tengah dan di atas air. Pupuk Yatop adalah pupuk yang didalamnya terkandung banyak sekali protein tinggi. Ciri-cirinya adalah kalau tutup botol di buka lalu ditutup lagi maka proteinnya otomatis muncul ke permukaan berwarna putih. Apabila udang stress/teller dan sering naik ke atas maka solusi tepatnya dengan cara taburkan Pupuk Yatop sebanyak 3 liter/hektar kemudian tunggu sebentar 1 sampai 3 jam, apakah udang kembali turun ke dasar atau tidak. Apabila masih belum turun juga maka tebarkan kembali pupuk yatop sebanyak 1 – 2 liter lg. Semakin banyak yatop di tabur maka semakin cepat udang turun ke bawah dan normal kembali. Jika udang sudah stress dan pulih kembali dengan yatop maka Usahakan dilakukan penaburan yatop sebanyak 1 liter/hektar secara kontinyu setiap 1 pekan sekali. Jangan lewat satu pekan karena akan menyebabkan udang stress kembali.


4. Bagaimana tambak yang sudah tidak produktif / jarang menghasilkan masih bisa diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/tidak produktif masih bisa diperbaiki, caranya yakni harus kembali ke alam. Gunakan kotoran hewan sapi, karena di dalam lument sapi terdapat banyak mikroba yang bermanfaat untuk tanah dan bisa bertahan sampai 3 bulan. Resep pembuatan Kotoran sapi Sbb. : 1 LITER YATOP + 5 KG KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Fermentasi dalam kurun waktu 1 minggu, tiap hari di aduk selama 5 menit. Jika sudah 1 minggu taburkan ke area tambak dalam kondisi macak-macak. Diamkan hingga 5 hari setelah timbul lumut sutera kemudian isi tambak hingga penuh. Kebutuhan kotoran sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran sapi harus yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi



Kelebihan Pupuk Yatop Untuk Udang Vanamei

Berdasarkan pengalaman di Lapangan pupuk Yatop memiliki karakteristik yang unik dan jarang ditemui di berbagai wilayah di Indonesia. Keunggulannya adalah sebagai berikut :


1. Dapat Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam waktu berkisar 3 jam. Caranya : Sediakan air payau ke dalam gelas (240 cc) kemudian masukan pupuk yatop. Air payau yang tadinya asin akan berubah menjadi netral selama kurang lebih 3 jam, dan garamnya turun ke dasar gelas. Lama-lama air tersebut berasa seperti manis jambu air.


2. Bisa Menetralisir Residu Kimia Didalam Air

Air yang sudah tercemar oleh limbah dari pabrik dapat dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam waktu 3 hari. Air tambak yang tadinya tercemar dalam waktu 3 hari akan berubah warnanya. Oleh karena itu saya memberikan saran sebelum udang dimasukan ke tambak sebaiknya ditabur pupuk yatop terlebih dahulu setelah 3 hari barulah masukan benih udang.


3. Ph Air Dan Ph Tanah Akan Seimbang

Setelah air dan tanah di tabur yatop maka selama 3 hari kondisinya akan seimbang. Hal tersebut telah dibuktikan dengan melakukan uji coba kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Apabila PH sudah seimbang maka udang pun akan bertumbuh dengan cepat.


4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang telah diberi pupuk yatop maka lumpurnya akan berubah menjadi lebih halus seperti tepung dalam kurun waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi dikarenakan pupuk merupakan sumber makanan untuk bakteri.


5. Lumut Sutera Menjadi Tumbuh

Tambak yang di tabur dengan pupuk yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari sampai 1 minggu. Lumut sutera bagus untuk sumber makanan udang.


6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terkena penyakit, Virus atau lainnya bisa diobati dalam waktu 30 menit. Jika lumpurnya sudah mengandung yatop maka udang yang terkena luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya akan cepat terobati.


7. Plankton Berkembang Dengan Subur

Tambak yang sudah di tabur Yatop dalam waktu 3 hari akan terlihat plankton-plankton yang berkemban biak didasar, tengah dan permukaan air.


8. Udang Stress Normal Kembali

Apabila melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas permukaan maka udang tersebut hidupnya tidak akan lama, esok atau lusa udang akan mati. Jika melihat kejadian seperti itu maka solusinya Tebarkan Pupuk yatop sebanyak 3 liter perhektar, dalam hitungan 3 jam udang akan normal kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur yatop akan lebih gesit/lincah.


9. Daging Udang Bebas Residu 

Udang yang telah menggunakan pupuk Yatop pada saat dipanen dagingnya sudah terbebas dari residu kimia. Warna udang akan cerah, daging lebih kenyal, rasa gurih.


Umtuk Konsultasi Dan pemesanan bisa langusng ke Umar yatop Di no 085286231111 dan dapatkan updatenya di Budidaya udang

Author Profile

About Unknown

Travel umroh terbaik dan terpercaya di indonesia terdaftar di kementrian agama.

0 Komentar Cara Membudidayakan Udang Vaneme Secara Tradisional Memakai Pupuk Organik Yatop Di

Post a Comment

Back To Top